Dibalik Nama Kotabaru

By | Mei 30, 2012

Entah bagaimana asal usulnya tanah kelahiran saya dinamakan Kotabaru. Jika dinamakan Saijaan itu jauh lebih baik. Kenapa saya katakan begitu?, Menurut pandangan saya, dibalik nama Kotabaru yang artinya kota anyar(baru). Seakan-akan membuat Kotabaru selalu ditimpa musibah kebakaran. Dan kebanyakan rumah yang kurang terawat(tidak dilakukan renovasi) akan mengalami kebakaran. Hal itu memaksa dibangunnya rumah yang baru.

Hari ini, 30 mei 2012, pukul 11:00 WITA. Saya pulang dari sekolah setelah selesai melegalisir SKHU MA. Lewat jalan GOR, karena dekat dengan rumah saya. Dengan motor Transmatic Red Alpha(Yamaha Xeon) saya melaju dengan kecepatan 40 km/h. Tiba-tiba terdengar suara sirane mobil pemadam kebakaran dengan kerasnya. Kebetulan salah satu markas pemadam kebakaran Kotabaru terletak di samping jalan GOR.

Setelah saya sampai di rumah, setelah berganti pakaian. Saya langsung pergi lagi ke lokasi kebakaran. Bukan hanya saya tetapi juga beberapa orang juga ingin menonton kebakaran itu. Saya memakir motor saya agak jauh dari TKP. Karena diblokade oleh motor polisi dan mobil klinik berjalan. Saya harus melanjutkan ke lokasi dengan berjalan kaki. Tujuan saya bukan hanya sekedar melihat tetapi untuk mengabadikan momen yang buruk ini. Sayangnya G.plus(handphone buatan China) yang saya bawa ke lokasi tidak mendukung saya untuk mendapatkan gambar yang bagus. Bahkan saya tidak sempat mengambil foto disaat saat api lagi semangat-semangatnya. Itu berkat bertambahnya armada pemadam kebakaran kotabaru oleh mantan bapak bupati Sarani Mataja.

Dulu Kotabaru pernah beberapa kali mengalami kebakaran besar sekarang tidak lagi. Sebagai anak Kotabaru saya turut berduka bagi keluarga yang menjadi korban. Di sisi lain saya senang atas cepatnya penanganan musibah oleh pemda Kotabaru dan semoga ke depannya jauh lebih baik.

0 thoughts on “Dibalik Nama Kotabaru

    1. jayputra9 Post author

      Amin. Mungkin kedepannya saya yang jadi walikota. Buat Kotabaru menjadi kota modern (ngaref dikit gak apa-apa).

      Reply
  1. bensdoing

    sya jadi teringat ama lagu yg lyriknya spt ini…”kotabaru gunungnya bamega…”
    ini mungkin lagu daerah dari sana yach ..

    Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *